Cara Menjadi Kaya Raya di Usia Muda

Inilah Cara Mudah Menjadi Kaya Raya di Usia Muda. Dengan jalan membangun relasi yang bagus, membangun kerajaan bisnis, hidup sederhana dan perbanyak investasi.


Bisnis apa yang bagus? Jawaban yang paling tepat adalah bisnis yang dimulai dari sekarang. Sehebat apa pun ide Anda dalam merancang sebuah konsep bisnis, akan menjadi sia-sia manakala ide tersebut tidak segera Anda mulai dari sekarang.

Memulai sebuah bisnis perlu keberanian. Membesarkan bisnis perlu ilmu. Jangan banyak mikir untuk memulai sebuah usaha. Mulai saja dari sekarang. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menemukan jalan bagaimana agar bisnis Anda menjadi besar. Anda akan dipaksa oleh keadaan untuk belajar dan mendapatkan ilmu-ilmu yang bisa membuat bisnis Anda membesar.

Itulah yang dilakukan oleh para pengusaha muda zaman sekarang sehingga membuat mereka cepat sukses dan kaya raya. Usia 20 tahun sudah mulai usaha. Sudah berani memulai. Usia 30 tahun sudah sukses.

Sukses dan Kaya Raya di Usia Muda

Pada zaman dahulu kala, untuk menjadi seorang pengusaha kaya perlu waktu lama. Kesuksesan biasanya selalu diraih oleh orang-orang yang sudah berumur. Sudah tua. Tapi, saat ini banyak sekali contoh pemuda sukses yang berhasil menggenggam dunia. Mereka sukses membangun kerajaan bisnis di usia muda. Usia 20an. Usia 30an. Usia relatif muda.

Apa sih rahasianya? Tidak ada rahasia di sini. Karena mereka bisa meniru kesuksesan orang-orang dahulu di waktu sekarang, di waktu muda. Sederhana bukan? Mereka melakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang sukses. Mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan orang kaya. Mereka tahu ilmunya dan mereka mau melakukannya.

Apalagi di zaman sekarang. Era digital. Serba internet. Informasi dan pengetahuan bisa didapatkan lebih mudah. Seakan dunia berada dalam genggaman. Ini adalah peluang yang sangat besar yang bisa dimilki oleh anak muda jaman sekarang. Jalan menuju sukses di usia muda semakin mudah. Jalan menuju kaya raya di usia muda menjadi mudah.

Kunci sukses di usia muda adalah mau belajar dan praktek. Belajar dari orang dulu yang sudah sukses dan praktekkan sekarang juga. Mumpung masih muda. Mumpung masih semangat. Mumpung belum punya anak banyak. Mumpung belum punya tanggungan banyak. Mumpung masih fresh.

Cara Menjadi Kaya

Silahkan lakukan tips berikut ini agar Anda dann kita semua bisa mencapai kesuksesan dan kekayaan di usia muda. Semuda mungkin.

1. Menjaga Hubungan Baik

Hubungan baik bisa mempercepat kesuksesan. Kesuksesan dibangun dengan jaringan. Atau bahasa kerennya networking. Network = Relasi = Hubungan = Silaturahmi. Jangan memutus tali silaturahmi dengan teman sekolah, rekan kerja dan mitra bisnis. Jagalah hubungan tersebut.

Mau tahu berapa penghasilan kita ke depan? Mau tahu caranya? Caranya adalah tulislah 10 orang dari teman terdekat kita. Lalu, tulislah berapa kira-kira penghasilan mereka sebulan. Jumlahkan dan rata-ratakan. Hasilnya itulah penghasilan kita.

Jika rata-rata penghasilan 10 orang teman terdekat kita adalah 3 juta, maka itulah penghasilan kita. Itulah pendapatan kita ke depan. Kalau mau jadi 10 juta per bulan, maka tambahkan teman baru yang penghasilannya lebih dari 10 juta ke dalam daftar teman kita tadi.

Mudah kan?

Sekilas memang sepertinya mustahil. Tapi, begitulah kenyataannya. Sesuai dengan pesan Nabi "bergaul dengan penjual minyak wangi, maka akan kecipratan wanginya." Dalam konteks bisnis, bergaul dengan orang sukses maka kita pun akan terbawa sukses. Bergaul dengan orang kaya, maka kita pun akan terbawa kaya. Ingat ya, kesuksesan itu menular. Kekayaan juga menular.

Banyak teman itu mengayakan. Banyak teman sukses itu mengayakan. Memudahkan jalan menuju sukses. Ingat kesuksesan itu menular dan menjalar. Jika mau sukses, bergaullah dengan orang sukses.

2. Pakai ATM

ATM itu artinya amati, tiru dan modifikasi. Lihat dan perhatikan di sekeliling Anda, ada usaha apa? Lihat dan perhatikan. Amati. Kemudian anda tiru bisnis mereka. Tambahkan modifikasi. Nilai plus, mengapa orang harus beli produk Anda atau memakai jasa Anda.

Seperti yang telah disebutkan di awal, ada banyak pengusaha kaya raya di usia muda. Ada banyak pengusaha muda yang sukses meraih kekayaan. Tidak perlu melihat jauh-jauh ke luar negeri sana seperti Mark Zuckerberg (facebook) dan Larry Pages (Google). Banyak juga anak muda dari dalam negeri yang sudah sukses.

Contohnya, Reza Nurhilman atau yang biasa di panggil axl (eksel). Anak muda yang berasal dari tatar Sunda. Ia adalah founder Keripik Maicih dan Direktur PT. Maicih Inti Sinergi. Pengusaha muda yang sudah sukses menjadi milliarder melalui bisnisnya yang unik dan inovatif. Silahkan browsing sendiri siapa itu Reza Nurhilman. Apa itu keripik Maicih.

Untuk membangun bisnis yang kreatif dan inovatif bisa dilakukan dengan ATM. ATM = Amati, Tiru, Modifikasi. Kisah sukses Reza Nurhilman bisa menjadi inspirasi. Bisa menjadi contoh. Bisa menjadi model yang bisa kita tiru.

3. Konsumsi ala Kadarnya, Produktifitas Sebesar-besarnya

Buang jauh-jauh sifat konsumtif. Buang jauh-jauh sifat boros. Kalau memang tidak perlu, jangan dibeli. Kalau memang tidak butuh sekali, jangan dibeli. Jangan tergoda oleh iklan. Jangan tergoda oleh Cicilan 0%. Kita harus melakukan skala prioritas kebutuhan. Jangan hanyut dimakan iklan, jangan terbuai oleh diskon 50%. Padahal kalau gak beli, diskonnya malah 100%. Hehe.

Jangan menghabiskan penghasilan hanya untuk memenuhi gaya hidup kita. Kalau bisa ngopi 2.000 di rumah, tidak perlulah ngopi di mall yang harganya 30.000. Hanya untuk gengsi? Ingat gengsi tidak membuat kita kaya. Yang membuat kita kaya adalah produktifitas. Kreatif. Inovatif. Itu yang membuat kita kaya. Bekerja keras, membangun bisnis, membangun jaringan.

Orang-orang kaya dulu, walaupun kebunnya luas, sawahnya banyak namun mereka tetap memilih hidup sederhana. Hidup ala kadarnya. Tidak perlu TERLIHAT kaya.

4. Simpan Untuk Investasi

Daripada uangnya dipakai untuk gaya, mending uangnya disimpan saja untuk investasi. Investasi membuat kita kaya. Investasi bisa dimulai dari hal-hal sederhana.

Mulailah menabung sekarang juga. Walaupun sederhana. Misalnya, setiap mendapatkan uang 1 lembar uang 20.000an, masukkan ke dalam celengan. Sederhana bukan. Bahkan saking sederhananya, ada yang nyinyirin. Menghina. Mengejek. Yang paling penting adalah berani menahan kesenangan sesaat untuk menikmati kesenangan di masa depan.

Justru langkah sederhana inilah yang membuat kita besar. Targetkan 1 hari dapat 5 lembar uang 20.000an. Masukkan celengan. Lakukan selama 3 tahun. Lakukan secara rutin. Anda tahu berapa jumlah uang di celengan tadi? 5 x Rp. 20.000 x 300 hari x 3 tahun = Rp. 90.000.000. Coba dibaca dengan keras! Sembilan Puluh Juta Rupiah.

Dengan angka tersebut cukuplah untuk membeli rumah, membangun kontrakan, kios, kos-kosan. Investasi yang cukup lumayan. Atau ada yang suka dengan emas, silahkan. Atau deposito, silahkan.

Yang suka dengan reksadana, silahkan.

5. Internet adalah Senjata

Teknologi internet ini banyak sekali manfaatnya jika tahu cara menggunakannya dengan benar. Tahu cara memanfaatkannya. Kita tahu dan kita pun menyadari betapa besar peran internet dalam kehidupan kita. Pertumbuhannya jauh melebihi dari apa yang dibayangkan sebelumnya.

Banyak celah yang bisa kita gunakan dalam menumbuhkan bisnis yang sedang dijalankan. Kita bisa cepat kaya dengan meraup uang dari internet. Menurut penelitian saat ini hampir 60% penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Itu menjadi lahan bisnis menjanjikan yang bisa kita manfaatkan.

Internet bisa kita manfaatkan dalam membuka peluang bisnis baru, jaringan, bisnis online, pemasaran, riset pasar, penelitian kompetisi dan masih banyak lagi hal-hal lainya yang bisa kita dapatkan.
Banyak orang yang bekerja keras dalam lingkungan dunia maya tanpa pernah perlu untuk meningkatkan usahanya dalam “dunia nyata”. Jika kita amati lebih lanjut, mereka rela bekerja 10 sampai 12 jam sehari atau bahkan lebih dari itu. Mereka lakukan itu dengan senang hati.

Belakangan ini muncul tren whatsapp marketing, facebook marketing, facebook ads, google adwords, dan instagram marketing. Silahkan pelajari. Semua tools tersebut bisa meningkatkan persentase penjualan Anda. 

Dengan memanfaatkan tools bisnis online tersebut Anda tidak perlu menyewa ruko, membuka toko, menyediakan lahan parkir. Cukup bermodalkan handphone dan gadget, Anda bisa kaya. Bisa kaya beneran.

Jika kita bisa melakukan 5 hal di atas dari sekarang, maka perubahan nasib bukanlah hal yang tidak mungkin. Untuk meraih sukses tidak perlu menunggu nanti, tidak perlu menunggu tua. Lakukan sekarang. Tunjukkan eksistensi diri. 

Jika orang lain bisa sukses, kita juga bisa dong. Jika anda, saya juga bisa dong.

Sekian. Terima kasih. Selamat mencoba.